GuidePedia

0
Umar bin Khatabsalah. Satu dari empat khalifah yang dikenal dengan karakternya yang tegas, bijaksana, kasar dan banyak ditakuti oleh kaum Quraisy pada saat itu.

Sebelumnya Umar bin Khattab merupakan orang sangat keras dalam menentang ajaran Islam. Bahkan ia sering melakukan perbuatan kasar pada kaum muslim waktu itu. Umar bin Khattab juga pernah berkata 'tidak akan pernah masuk Islam'.

Namun Allah SWT maha besar dan meluluhkan hati Umar bin Khattab yang menolak keras agama Islam. Setelah keislaman Umar bin Khattab, kemuliaan dan kekuatan Islam semakin bertambah.

Ia rela berkorban untuk membela dan menemani Rasulullah ketika berdakwah. Selanjutnya, Umar menjadi penasihat terdekat Rasulullah bahkan hingga sepanjang usia Nabi Muhammad.

Suatu hari, terdapat kisah yang menjelaskan bahwa setan takut terhadap Umar bin Khatab. Bahkan ia tidak mau memasuki masjid Nabawi melewati pintu yang sering dilalui oleh Umar bin Khatab, karena mereka membenci Umar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata pada ‘Umar bin Khattab;
"Sesungguhnya setan benar-benar takut padamu wahai Umar. Tatkala aku duduk budak wanita itu memukul rebana, lalu masuk Abu Bakar, ‘Ali dan Utsman, dia masih memukul rebana, tatkala dirimu yang datang budak wanita itu melemparkan rebananya". (HR. Tirmidzi)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda; "Sungguh aku melihat setan dari kalangan manusia dan jin lari dari ‘Umar.” (HR. Tirmidzi). 

Post a Comment

 
Top