GuidePedia

0
20 Artis dan Tokoh Seni Hiburan yang Meninggal di Tahun 2015 - Tahun 2015 menjadi tahun dimana kita kehilangan sejumlah artis dan tokoh dunia seni dan hiburan Tanah Air. Mereka yang berpulang mulai dari seniman, musisi, selebritas, dan komedian

Sebagian besar di antaranya dikenal sebagai tokoh senior dan memiliki sumbangsih besar dalam perkembangan dunia seni hiburan di Tanah Air.  Kepergian mereka tentu menyisakan duka mendalam. Khususnya bagi masyarakat yang mengenal karya dan hasil kerjanya.

Dan berikut ini admin rangkum 20 artis dan tokoh seni hiburan yang meninggal di tahun 2015:

1. Pak Raden Drs Suyadi atau dikenal dengan nama Pak Raden berpulang pada Jumat, 30 Oktober 2015. Tokoh pencipta boneka Si Unyil meninggal di RS Pelni Petamburan, Jakarta Selatan pada usia 83 tahun. Kepergiannya menjadi duka mendalam bagi dunia seni dan dongeng Tanah Air.

2. Ade JuwitaKomedian yang dikenal luas berkat program televisi Lenong Rumpi Ade Juwita meninggal Jumat, 6 Oktober 2015, di Sorong, Papua. Ade menjalani perawatan di rumah sakit sejak Mei 2015 karena komplikasi lambung dan pembengkakan leher. Sosok bernama lengkap Joni Libertifa Ateva ini meninggal pada usia 49 tahun.

3. Misye Arsita 
Aktris yang terkenal lewat sinetron Jin dan Jun Misye Arsita meninggal pada Kamis 5 November 2015 di RS Bhayangkara Kediri, Jawa Timur. Misye dikabarkan meninggal akibat sakit infeksi paru-paru. 

4. Budi Klantink 
Budi Klantink alias Budiarto merupakan musisi jalanan asal Surabaya yang namanya terkenal lewat ajang pencarian bakat di televisi. Budi meninggal pada usia 35 tahun pada Sabtu, 5 September 2015 di Rumah Sakit Dr Ramelan Surabaya.

5. Meinar Louis Meinar Louis merupakan musisi wanita yang dikenal mengaransemen lagu anak-anak berjudul 'Bintang Kecil'. Ia meninggal di Jakarta, 28 Juli 2015 pada umur 85 tahun. Meinar dikenal sebagai pianis yang kerap mengisi acara musik anak-anak di TVRI pada era 1970 hingga 1990-an.

6. Rachmat Hidayat 
Aktor senior Tanah Air Rachmat Hidayat menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Borromeus, Bandung, pada Ahad 14 Juni 2015. Ia wafat pada usia 81 tahun akibat penyakit komplikasi jantung dan stroke. Rachmat mulai bermain film pada tahun 1961. Pada tahun 1971, ia pernah menjabat sebagai Ketua Parfi Cabang Bandung selama dua periode. 

7. Kiboud Maulana 
Musisi senior Kiboud Maulana meninggal dunia Sabtu, 6 Juni 2015 di Rumah Sakit Karang Tengah Medika, Ciledug, Tangerang. Gitaris yang merupakan kakak kandung musisi Ireng Maulana ini meninggal di usia 77 tahun setelah menderita komplikasi diabetes.

8. Rae Sita Supit 
Aktris yang terkenal salah satunya lewat film Cintaku di Kampus Biru ini meninggal pada 20 Mei 2015. Rae Sita Supit meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker ovarium. 

9. Didi Petet 
Tokoh seni peran Indonesia Didi Widiatmoko atau Didi Petet tutup usia di Tangerang Selatan, pada Jumat 15 Mei 2015. Aktor senior yang dikenal sebagai Emon dalam film Catatan Si Boydan pemeran utama Kabayan ini meninggal setelah sebelumnya mengidap penyakit asam lambung. Didi wafat pada usia 58 tahun.

10. Pepeng 
Tokoh kawakan multitalenta ini meninggal di Rumah Sakit Cinere, Depok pada 6 Mei 2015. Pepeng atau Ferrasta Soebardi tutup usia setelah berjuang lama menghadapi penyakit langka multiple sclerosis.

Semasa hidup Pepeng dikenal sebagai pelawak, presenter, juga aktor. Ia di antaranya dikenal lewat program radio 'Sersan Prambors', film Rojali dan Juleha (1979), dan program telekuis Jari-Jari.

11. James Sahertian
Aktor senior James Sahertian meninggal di Rumah Sakit JHC Jakarta pada Ahad, 12 April 2015. Suami aktris Roweina ini meninggal karena serangan jantung. Karier James di layar lebar mulai melesat pada kisaran 1986-1995. Ia juga merambah layar sinetron pada periode 1990-an hingga tahun 2000-an. 

12. Mpok NoriKomedian atau seniman lawak betawi ini meninggal dunia di Rumah Sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat, 3 April 2015. Mpok Nori yang bernama lengkap Nuri Sarinuri meninggal akibat penyakit asma pada usia 84 tahun. Seniman dengan ciri khas suara lantang ini sudah bermain Lenong sejak usia 14 tahun. Hingga usianya sudah lanjut Mpok Nori masih konsisten sebagai komedian khas Betawi.

13. Olga SyahputraPresenter dan aktor ini meninggal pada Jumat 27 Maret 2015. Olga sempat dirawat di Singapura karena menderita sakit yang ia alami selama sekitar setahun lamanya. 

14. Yani Libels 
Yani Djunaedi dikenal luas sebagai personel grup vokal Trio Libels. Yanni 'Libels' meninggal dunia setelah terkena serangan jantung pada Rabu 25 Maret 2015.

15. Frans TumbuanAktor senior Frans Tumbuan meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada, Cilandak, Jakarta Selatan pada Senin 23 Maret 2015. Istrinya aktris senior Rima Melati menyatakan bahwa suaminya itu menderita diabetes. Aktor kawakan ini sudah bermain dalam puluhan film. Dia antaranya Jangan Ambil NyawakuKadarwati, dan Bung Kecil.

16. Alex Komang
Pemilik nama asli Saifin Nuha meninggal di Semarang, Jawa Tengah pada 13 Februari 2015. Alex yang pernah mendapat penghargaan aktor terbaik Festival Film Indonesia 1987 ini meninggal pada usia 53 tahun karena mengidap penyakit kanker hati.

17. Rinto Harahap
Rinto Harahap adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan produser. Pendiri band 'The Mercy's' ini wafat pada usia umur 65 tahun di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura pada  Senin, 9 Februari. Di samping seorang komposer Rinto juga mempunyai perusahaan recording bernama Lolypop di era 1970-1980an. Banyak penyanyi Indonesia yang populer berkat lagu ciptaannya, antara lain Nia Daniati, Betharia Sonata, Christine Panjaitan, Iis Sugianto, dan Eddy Silitonga.

18. Djudjuk Djuariah 
Pelawak senior Srimulat Djudjuk Djuriah meninggal dunia di Rumah Sakit dr Sardjito, Yogjakarta pada Jumat, 6 Februari 2015. Istri Teguh Slamet Rahardjo ini tutup usia karena sakit kanker.

19. Zainal Abidin Domba
Aktor yang mengawali karier dari dunia teater ini meninggal di Depok, Jawa Barat pada 26 Januari 2015.  Zainal (57 tahun) meninggal lantaran penyakit kanker usus stadium empat.

20. Verrys Yamarno Pemeran Mahar di film Laskar Pelangi ini meninggal pada usia 18 tahun. Verrys ditemukan meninggal karena sakit di kamar kosnya di kawasan Senen, Jakarta Pusat pada Senin 12 Januari 2015. Ia saat itu masih tercatat sebagai mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) semester 3.

Post a Comment

 
Top