GuidePedia

0
Hukuman Unik, Pembajak Software Disuruh Buat Video
 
Karena pembajakan yang dilakukannya, Microsoft diprediksi merugi sekitar Rp 3,8 miliar

Bagi sebagian besar Youtubers, mendapatkan 200 ribu penonton adalah jalan menuju ketenaran. Namun, berbeda dengan seorang lelaki bernama Jakub F asal Republik Ceko.

"Aku memulai laman ini, karena aku menghabiskan delapan tahun menyebarkan piranti lunak bajakan dan kemudian tertangkap," jelasnya.

Bagi Jakub, capaian 200 ribu penonton melalui kanal video Youtube itu akan menjadi jalan untuk meringankan hukumannya. TorrentFreak, seperti dilansir The Guardian, melaporkan bahwa dia telah merugikan beberapa perusahaan besar seperti HBO, Microsoft, Sony Music, dan Twentienth Century Fox.

Menurut Busines Software Alliance (BSA), Microsoft mengaku dirugikan sekitar 5,7 juta Korona Ceko atau setara Rp 3,8 miliar. Tapi, BSA sadar jika Jakub tak akan mampu membayar kerugian itu.

Tak kehilangan akal, perusahaan pun mencari alternatif lain untuk menghukum Jakub. Mereka bersedia menerima ganti rugi kecl namun Jakub diwajibkan membuat sebuah video pendek. Syarat lainnya adalah video Jakub ini harus ditonton sekurangnya 200.000 orang dalam dua bulan sejak penerbitannya.

Dikutip Dream dari BBC, Senin, 30 November 2015, juru bicara BSA mengatakan ketentuan itu untuk menjamin bahwa Jakub membantu penyebaran film itu seluas mungkin. Tetapi, jika film itu tak mencapai target, secara teori perusahaan bisa membawa kasus ini ke pengadilan perdata untuk menuntut ganti rugi kepada Jakub.

Apakah Jakub lolos dalam hukuman ini? Silakan cek videonya.

Sumber: The Guardian, BBC


Post a Comment

 
Top