GuidePedia

0
Percaya tak percaya, orang-orang genius terkenal seperti Steve Jobs, Albert Einstein, Alan Turing, Alexander Fleming dan Mark Twain memiliki ruang kerja yang sangat berantakan.

Salah seorang fotografer bahkan sempat mengambil gambar meja kerja Albert Einstein dan menunjukkan betapa meja kerja pria tercerdas itu penuh dengan kertas berserakan, buku-buku, majalah, amplop-amplop, kaleng snack, dan kertas-kertas yang menumpuk.

Lantas, melihat fakta itu apakah bisa disimpulkan bahwa orang-orang genius dan kreatif cenderung berantakan?

Dilansir dari laman designschool.canva.com, sebuah penelitian di University of Minnesota menemukan bahwa orang yang memiliki area kerja berantakan memang biasanya lebih kreatif dan berani mengambil risiko. Sementara mereka yang meja kerjanya bersih dan rapi, biasanya taat aturan dan kurang suka dengan tantangan baru atau risiko.

Menurut Dr Vohs, salah satu dari tim peneliti, kondisi berantakan itu menjadi inspirasi bagi mereka untuk berpikir out of the box dan menghasilkan ide-ide baru yang kreatif dan segar.

Barang-barang yang berserakan seperti majalah, buku-buku, atau benda-benda lain bisa menjadi inspirasi tersendiri saat sedang berpikir.

Meskipun berantakan, barang-barang yang penting dan dibutuhkan akan ada di dekat si genius. Sementara yang tidak penting dan tidak dibutuhkan akan berada di sudut lain atau tertimbun begitu saja.

Mereka tidak terlalu peduli pada detail-detail kecil, tetapi fokus pada gambaran besar. Tak heran jika si genius yang berantakan ini menghasilkan ide-ide besar yang berdampak pada kehidupan masyarakat luas.

Post a Comment

 
Top