5 Tips Manajemen Waktu dari Para Miliarder Sukses
Setiap orang punya waktu yang
jumlahnya sama dalam satu hari. Tapi, kenapa ada orang sukses dan
enggak sukses? Selain mereka punya sifat gigih, ternyata mereka punya
satu keterampilan lain yang juga sangat penting; manajemen waktu. Mereka
sanggup mengatur pekerjaannya. Sehingga dalam satu hari itu, mereka
bisa menyelesaikan berbagai tugas.
Menyusun jadwal memang menjadi salah satu cara untuk membuatmu produktif.
Dengan menyusun jadwal, kamu bisa mengatur seberapa banyak pekerjaan
yang bisa kamu kerjakan dalam satu hari. Tapi selain menyusun jadwal,
ada beberapa cara lain yang dilakukan para miliarder kelas dunia. Mereka
membagikan tipsnya agar kamu bisa mengatur waktu dengan baik.
Richard Branson, pendiri the Virgin Group. Branson kerap kali membawa notebook-nya ke mana pun dia pergi. "Saya tidak bisa membuat the Virgin menjadi kecil dan bisa saya bawa-bawa. Makanya, saya membawa notebook. Ketika
kamu punya ide dan tidak menuliskannya di malam hari, besok pagi semua
ide itu akan hilang," katanya kepada majalah Inc.
Warren Buffett, investor dan pebisnis Amerika. Investor
yang terkenal sangat jago ini ternyata punya tips yang lain. Dia
percaya, bahawa ada perbedaan antara orang yang sukses dan tidak sukses.
"Orang sukses mengatakan "tidak" pada hampir setiap hal," katanya.
Karena orang yang belum sukses terlalu banyak mengatakan "ya," sehingga
pekerjaannya akan menjadi menumpuk. Dan mereka tidak tahu apa yang
seharusnya mereka lakukan.
Andrew Mason, co-founder dan bekas CEO Groupon. Menurut
Mason, kunci untuk mengatur waktu adalah kedisiplinan. Kalau kamu tidak
disiplin selama bekerja, pasti tidak akan bisa menyelesaikan semua
pekerjaan dalam satu hari. Kedisiplinan sangat berbarti bagi Mason.
Sampai-sampai, kalau dia diharuskan membuat 10 karakter video game, dia akan membuat hanya tiga karakter cerdas dan sisanya karakter yang disiplin.
Mark Pincus, co-founder dan CEO Zynga. Mencurahkan
waktu untuk fokus pada pekerjaanmu adalah salah satu cara. Pincus
mengatakan, kalau kamu ingin membuat satu produk, curahkan 50% waktumu
untuk bergelut menyelesaikannya. Jangan pernah menerima ajakan pertemuan
kalau kamu belum selesai.
Andy Grove, mantan presiden Intel. Ternyata, Grove juga
punya cara lain untuk mengatur waktunya. Grove mengaku tidak akan
pulang dari kantor kalau dia sudah merasa sangat lelah atau sudah siap
untuk pulang ke rumah. Dia tidak akan pulang ke rumah ketika
pekerjaannya selesai. "Pekerjaan tidak pernah selesai, dan akan selalu
ada banyak hal untuk dikerjakan," katanya seperti yang dikutip dari
majalah Inc.
Nah, begitu cara para miliarder kelas dunia ini mengatur waktunya. Cara kerja dan
sikap ternyata juga bisa memengaruhi seberapa produktif kamu. Makanya,
mulai sekarang lakukan apa yang disarankan mereka. Agar hari-harimu di
kantor menjadi efisien dan kamu pun jadi produktif.
Post a Comment