GuidePedia

0
PERMAINAN TRADISIONAL RIAU

Lomba kolek dimainkan oleh masyarakat Tanjungbalai Karimun, Moro, Kundur dan Batam. Biasanya dimainkan pada musim kering pada waktu siang mulai jam 9.30 hingga jam 13.00 karena waktu itu diperkirakan angin sedang berhembus kencang, rata dan pasangpun sedang penuh yang memberikan kemungkinan besar bagi kolek-kolek itu diperlombakan.

Dahulu, lomba kolek dipertandingkan pada hari penobatan anak-anak raja ataupun keluarga istana semasa keemasan Sultan Riau abad XVII, dan sekarang menjadi permainan untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus dan akhirnya menjadi permainan rakyat yang tetap dilaksanakan setahun sekali secara mentradisi.
Pada umumnya permainan ini hanya dimainkan oleh para nelayan yang mendiami perkampungan di tepi pantai, di manalaut adalah sarana harian mereka untuk menyambung hidup, karena itu setidak-tidaknya mereka harus memiliki kolek, jongkong, sampan ataupun perahu sebagai alat perhubungan dan fasilitas bagi kepala keluarga untuk menggarap hasil laut.

Pemain dalam lomba kolek diklasifikasikan atas 3 kelompok berdasarkan atas jumlah pelakunya yaitu kelompok kecil dengan pemain 3 orang. Kelompok sedang dengan pemain 5 orang, kelompok menengah dengan jumlah pemain 9 orang. Permainan ini dilakukan oleh laki-laki yang berumur 15 - 40 tahun. Pertandingan ini dilaksanakan di pinggir pantai yang terbuka baik dari laut maupun dari darat guna menampung angin yang menjadi sumber perlombaan kolek tersebut, Arena lomba dibuat dalam bentuk bujur telur, dan diberi beberapa tonggak sebagai rambu-rambu ataupun sebagai patokan ukuran kolek yang dipertandingkan adalah sesuai dengan jenis pertandingan yaitu kolek kecil mempunyai panjang 3 meter, sedang 3,5 meter dan menengah mempunyai panjang 5 meter. Kolek terbuat dari kayu yang agak ringan dan mempunyai daya apung yang baik.

Perlombaan dapat dimulai bila seluruh pemain telah siap-siap dengan koleknya. Peluit berbunyi pertanda pertandingan dimulai, seluruh pemain berusaha untuk berpacu paling cepat mengelilingi areal pertandingan dan mencapai garis finish. Yang tercepat mencapai garis finish dinyatakan sebagai juara I dan seterusnya diambil juara II dan III.

Post a Comment

 
Top