GuidePedia

0
PERMAINAN TRADISIONAL

Gasing merupakan salah satu permainan rakyat di daerah Riau. Pada umumnya gasing teihuat dari jenis kayu yang keras.Permainan gasing dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa pada musim kemarau atau selepas panen.

Gasing dimainkan dengan cara diputar atau dipusingkan dengan bantuan seutas tali yang dililitkan pada bagian atas. setelah itu gasing dijatuhkan ke muka sambil diikuti dengan larikan tali ke belakang, maka gasing tersebut akan jatuh ke tanah dalam keadaan berputar.

Didaerah Riau ada beberapa jenis gasing, antara lain: Gasing jantung dan gasing beralik Gasing jantung bentuknya agak lonjong menyerupai jantung, bagian atasnya terdapat punut dan bagian bawahnya meruncing sebagai poros ketika berputar.

Sedangkan gasing heralik bentuknya bundar agak pipih, dengan bagian atas terdapat punut dan bagian bawahnya terdapat tonjolan sebagai poros ketika berputar

Jenis gasing jantung ini sering dimainkan untuk pertandingan, yaitu dengan ketentuan gasing yang paling lama berputar yang menjadi pemenangnya. Selain itu ada pula pertandingan yang melakukan dengan cara gasing diadukan alau dibenturkan pada gasing lawan yang sedang berputar. Pada pertandingan gasing ini bisa dimainkan seeara individu maupun kelompok.

Gasing beralik ini dimainkan hanya sebagai hiburan, atau hanya sekedar untuk dipusingkan saja.

Post a Comment

 
Top