GuidePedia

0

Banyak sekali penemuan-penemuan yang telah ditemukan oleh para ilmuwan di dunia ini, ternyata dari ribuan penemuan yang berhasil ditemukan oleh para ilmuwan ada 8 penemuan sains yang membuka mata dunia dan bahkan telah menjadi penemuan yang sangat populer di dunia. Apa sajakah ke-8 penemuan itu?

Inilah 8 Penemuan Sains yang Membuka Mata Dunia
Apa sajakah penemuan-penemuan dalam bidang sains yang telah populer dan membuka mata dunia? Berikut 8 penemuan aneh sains:


1. Unuseptium
Unuseptium merupakan salah satu unsur baru yang berhasil ditemukan oleh para ilmuwan dari Dubna-Rusia. Unsur baru ini dinamai dengan unsur ke-117 yang merupakan gabungan dari isotop kelium dengan kalsium. Unsur ini merupakan unsur yang dapat menunjukkan “Island of Stability” yaitu unsur terberatnya mampu bertahan selama berbulan-bulan. Unsur ini dibuat dengan cara memborbardir 249Bk dengan ion berkalsium selama 150 hari. Keseluruhan proses dalam penciptaan unsur ini memakan waktu sekitar 320 hari dan akhirnya berhasil menciptakan 6 atom unuseptium.


2. Gen penyebab tua
Manusia tidak dapat bertahan awet muda meskipun pada dasarnya tubuh manusia selalu dapat memperbarui selnya atau meregenerasi. Hal inilah yang menjadi fokus para ilmuwan, ternyata setelah diteliti lebih lanjut ada satu gen yang menyebabkan hal itu, yaitu gen TERC. Gen ini yang menentukan panjang pendeknya telomer yaitu tutup pada bagian ujung kromosom. Orang yang pembawa gen itu akan mengalami penuaan dini sehingga dia akan tampak lebih tua dari orang lain yang memiliki umur yang sama dengannya. Inilah salah satu penemuan aneh yang membuka mata dunia.


3. Planet ekstra surya
Salah satu astronom dari Indonesia yaitu Johny Setiawan telah berhasil menemukan salah satu planet ekstra surya yaitu planet HIP 13044b. Planet ini berada dalam galaksi bima sakti. Penemuan planet ekstra surya lainnya adalah planet Gliese 581g yang memiliki orbit bintangpada jarak yang terlalu panas atau terlalu dingin.


4. Metamaterial
Penemuan metamaterial ini dilakukan oleh prof. Martin McCalldan juga Imperial College. Dua penemu dari London ini berhasil membuat metamaterial yang dapat mengaduk aliran elektromagnetik sehingga cahaya yang telah melewati metamaterial ini akan secara otomatis berhamburan dan melewati metamaterial itu.


5. Mouns
Mouns merupakan partikel yang memiliki sub atomic, para peneliti telah menyatakan bahwa semua materi yang ada setelah ledakan Big Bang memiliki jumlah yang berbeda dengan jumlah antimateri sehingga dapat terciptanya alam semesta ini. Namun ternyata setelah dilakukan percobaan telah ditemukan bahwa jumlah Mouns yang dihasilkan memiliki 1% kelebihan dari anti Mouns. Perbedaan yang kecil ini ternyata mampu menciptakan sebuah alam semesta.


6. Bulan lebih basah dari pada gurun Sahara
Misi LCROSS telah berhasil mendapatkan penemuan sains yang aneh, yaitu ternyata di bulan terdapat air. Air yang berhasil ditemukan dikutub selatan bulan ternyata berupa bongkahan esyang telah bercampur dengan materi lainnya. Air yang berada di bulan itu dapat diolah sehingga menjadi air murni dan jumlahnya oun juga lebih banyak dari pada air yang berada di gurun sahara.


7. Piramida Teotihuacan
Para ilmuwan telah berhasil menemukan piramida Teotihuacan di Meksico, di dalam piramida ini terdapat koridor dengan ukuran 12 kaki yang dilengkapi dengan bagian atap. Para ilmuwan berharap dapat menemukan jalan masuk menuju tempat pemakaman para pemimpin agama dalam masa Mexico dahulu.


8. Australopithecus Sediba
Para ilmuwan telah berhasil menemukan fosil manusia purna di Malapa-Afrika Selatan. Fosil ini merupakan fosil Australopithecus Sediba yang diduga berasal dari masa 2 juta tahun lalu. Fosil ini juga diduga memiliki hubungan dengan fosil Homo Erectus.


Itulah beberapa informasi seputar 8 penemuan sains yang membuka mata dunia dan bahkan menjadi penemuan yang populer di dunia.

Post a Comment

 
Top