GuidePedia

0
Penemu Radio – Guglielmo Marconi

Guglielmo Marconi Sang Penemu Radio– Kita tentunya sudah pada tau bukan apa itu yang namanya radio? Ya, radio adalah sebuah alat elektronik yang sangat berguna apalagi untuk mengais informasi. Kelemahan dari radio ini tentunya ada, yaitu salah satunya adalah tidak memiliki gambar.

Maksudnya hanya menampilkan audio saja, jadi berbeda dengan TV yang memiliki audio visual. Penemu radio ini adalah seorang jenius bernama Guglielmo Marconi. Si jenius Guglielmo Marconi ini lahir pada tanggal 25 April 1874 dan wafat pada usiannya ke 63 tahun, yaitu tanggal 20 Juli 1937 di Roma, Italia.

Guglielmo Marconi ini sendiri lahir di Bologna, Italia. Dia adalah seorang anak lelaki kedua dari Giuseppe Marconi, seorang pria Italia yang kaya raya dan juga Giuseppe Marconi memiliki seorang istri bernama Annie Jameson (yang berarti adalah ibu dari Guglielmo Marconi) yang memiliki keturunan Irlandia.

Guglielmo Marconi pada tanggal 15 Juni 1927 menikah dengan seorang perempuan bernama Maria Cristina Bezzi-Scali. Dan Maria Cristina Bezzi-Scali mempunyai anak perempuan bernama Maria Elettra Elena Anna Marconi.

Guglielmo Marconi mendapatkan ide mengenai radio ini sendiri setelah mempelajari percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz mengenai gelombang elektromagnetik.


Kemudian muncullah ide mengenai gelombang ini bisa di manfaatkan untuk mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa menggunakan perantara gelombang. Jadi dulu tidak langsung bernama radio, dulu “calon radio” ini digunakan untuk mengirim berita-berita yang di dapat dari kapal laut.

Dua tahun kemudian, Guglielmo Marconi mempraktekan alat penemuannya tersebut di Inggris dan berhasil mendapatkan hak paten pertama Guglielmo Marconi. Kemudian Guglielmo Marconi segera dengan cepat-cepat membuat perusahaan dan produk Guglielmo Marconin berhasil dikirim tahun 1898.

Penemu Radio - Guglielmo MarconiSebuah penemuan yang hak patennya punya harga tinggi dengan sendirinya menimbulkan pertentangan di pengadilan. Tetapi, rupa-rupa tuntutan lewat pengadilan sirna melenyap sesudah tahun 1914 tatkala pengadilan mengakui hak-hak Marconi.

Pada tahun berikutnya, Marconi melakukan pula penyelidikan penting di bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave. Dia menghembuskan nafas terakhir di Roma tahun 1937.

Dan itulah asal mula terbentuknya sebuah radio. Dengan memanfaatkan teknologi gelombang elektromagnetik, Guglielmo Marconi sebagai penemu radio berhasil membuat sebuah teknologi yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia.

Kita bisa mendengarkan lagu lewat radio, kita bisa mencari informasi lewat radio, dan berbagai macam manfaat radio lainnya. Bahkan kita bisa mendapatkan pekerjaan dari radio dengan mendaftarkan diri kita ke saluran radio yang ada di Indonesia.

Post a Comment

 
Top