GuidePedia

0
Begini Rupa Matahari Terbit di 5 Planet Tata Surya Ternyata indahnya....
Dalam tata surya manusia, Bumi merupakan bagian dari delapan planet yang mengitari Matahari. Berdasarkan jaraknya dengan Matahari, Bumi berada di posisi ketiga. 
 
Dari kedelapannya, diketahui secara sahih hanya Bumi yang memiliki kehidupan organik. Sedangkan Mars sebagai planet keempat masih menyimpan kontroversi mengenai kehidupan di dalamnya. Namun demikian, kesemuanya memiliki kesamaan: Matahari sebagai bintangnya.

Matahari terbit dan tenggelam di masing-masing planet dengan ciri khasnya masing-masing. Adapun rupa Matahari ketika terbit adalah di lima planet terdepan, tanpa menghitung Bumi, adalah sebagai berikut: (lihat halaman pertama)

Merkurius

Merkurius terletak hanya 60 juta kilometer dari Matahari. Maka itulah Matahari yang terbit terlihat tiga kali lebih besar dan terang dibanding di Bumi.

Venus

Matahari bisa dilihat dengan jelas di Venus karena hanya berjarak 108 kilometer. Tapi karena awan tebal yang menggantung di planet ini, Matahari jadi terlihat macam titik terang di pekatnya udara.

Mars

 
Mars mengorbit dari Matahari dengan jarak 230 kilometer. Planet ini pula yang tengah dijajaki untuk menjadi "planet kedua" untuk manusia.

Jupiter

Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya manusia. Foto ini sendiri diambil dari Europa --salah satu bulan terbesar milik Jupiter.

Saturnus

 Meski berjarak 1,5 miliar kilometer dari Matahari, Uranus adalah planet yang paling mudah dikenali. Ia memiliki cincin indah yang mengelilinginya dengan pemandangan matahari terbit nan rancak

Post a Comment

 
Top